- Back to Home »
- INFO »
- Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat
Selasa, 04 Oktober 2011
Anda sudah punya produk sendiri? Mungkin sudah lengkap dengan situs web penjualannya bahkan. Tapi kalau tingkat penjualannya belum membuat muka tersenyum, pasti nikmatnya berbisnis internet belum terasa maksimal.
Memang dengan semakin meningkatnya atmosfir bisnis internet, tingkat persaingan menjadi kian ketat. Tapi yakinlah pangsa pasar bisnis internet juga terus menggelembung. Artinya, selalu terbuka peluang untuk cepat berhasil di bisnis internet.
Nah, agar bisnis internet anda bisa lebih cepat sukses, anda tetap perlu tahu teknik-teknik untuk mendorong penjualan. Apa saja yang bisa anda lakukan?
Dalam tiga jurus ampuh menjadi super reseller, yang bisa anda baca di member area Formula Bisnis dan Rahasia Blogging, poin pertama adalah melakukan presell atau mereview produk tersebut. Melakukan pra penjualan dengan mereview produk bisa meningkatkan daya tarik calon pembeli produk anda.
Lalu bagaimana cara menulis review produk agar penjualan laris manis?
Kesepuluh kunci iklan terpenting di bawah ini perlu selalu anda perhatikan ketika membuat sebuah iklan online.
Bagaimana komentar anda untuk isi posting ini?
Apa saja kunci meningkatkan penjualan?
Berikut ini saya jelaskan empat kunci yang bisa langsung anda terapkan dalam bisnis anda.
Seperti apa prospek yang bagus? Sederhananya yaitu mereka yang mau menjadi konsumen anda. Kalau lebih rincinya, jelas berkaitan dengan bidang bisnis anda. Karenanya anda perlu rumuskan siapa konsumen anda. Setelah anda tahu siapa konsumen anda, anda tinggal fokus mencari konsumen tersebut.
Bagaimana meningkatkan konversi? Coba lihat bagaimana cara anda menawarkan. Lihat bagaimana sales letter anda. Seperti apa headline sales letter anda. Bagaimana customer support anda. Dan banyak lagi unsur-unsur lainnya.
Intinya: bagaimana cara anda berbicara dengan prospek anda.
Bagaimana caranya? Anda pilah-pilah kembali prospek yang anda miliki. Anda coba jalin komunikasi di sana dan cari tahu apakah mereka memang berminat dengan produk anda. Contoh, kalau anda mau jual rumah di Bandung, anda cari prospek yang memang berminat untuk membeli rumah di daerah tersebut. Serta ketahui juga daya beli mereka.
Konsumen ideal itu punya dua kata kunci: mau dan mampu. Mereka mau memiliki produk anda dan mampu membelinya.
Empat kunci meningkatkan penjualan di atas, kalau anda praktekkan secara kontinu, akan berdampak serius terhadap pertumbuhan bisnis anda. Buktikan!
Salam ACTION!
Jawaban ini tidak keliru. Namun yang penting diperhatikan juga adalah produk yang anda buat harus selalu mampu menjawab kebutuhan konsumen. Produk yang anda luncurkan sekarang mungkin bisa menyelesaikan persoalan hari ini. Tapi besok belum tentu. Oleh karenanya, anda harus terus membuat produk anda selalu “baru”.
Update produk merupakan salah satu caranya. Dengan memperbarui isi produk informasi dengan perkembangan terkini, diharapkan persoalan yang sedang berkembang bisa teratasi.
Namun selain produk, ada satu lagi bagian penting dari marketing. Apa itu?
Yaitu bagaimana cara menjual produk itu sendiri.
Di sinilah pentingnya menjalankan berbagai teknik marketing serta memantau efektivitasnya.
Dari berbagai teknik marketing yang anda lakukan, teknik apa yang berjalan optimal, teknik apa yang baru berefek setengah optimal, dan apa yang tidak menghasilkan dampak sama sekali.
Dengan begitu, proses marketing yang anda jalankan berada di bawah kontrol anda. Anda jadi tahu bagaimana meningkatkan penjualan produk-produk anda.
Namun begitu, dalam bisnis internet apapun yang anda lakukan, anda tidak boleh berpuas diri. Anda harus terus ACTION untuk mempelajari tren penjualan paling baru. Sehingga anda betul-betul paham apa yang teknik marketing yang efektif saat ini dan mengapa teknik tersebut efektif. Saat itulah anda pantas dijuluki pakar pemasaran.
Sebagai penutup, silakan jawab pertanyaan berikut ini untuk mengetahui tingkat ke-marketing-an anda:
Dengan memahami marketing secara baik, anda akan tahu bagaimana membuat bisnis internet anda lebih maju lagi.
Salam ACTION!
Memang dengan semakin meningkatnya atmosfir bisnis internet, tingkat persaingan menjadi kian ketat. Tapi yakinlah pangsa pasar bisnis internet juga terus menggelembung. Artinya, selalu terbuka peluang untuk cepat berhasil di bisnis internet.
Nah, agar bisnis internet anda bisa lebih cepat sukses, anda tetap perlu tahu teknik-teknik untuk mendorong penjualan. Apa saja yang bisa anda lakukan?
- Berikan batas waktu pendaftaran. Misalkan anda menuliskan begini, jika mereka mendaftar sebelum 15 September, mereka akan mendapatkan diskon atau bonus produk. Cara ini bisa mendorong calon pembeli agar segera melakukan pembelian.
- Berikan bonus. Selain produk utama, berikan pula sejumlah bonus. Bentuk bonus yang diberikan bisa seperti ebook, report, newsletter, dan lainnya.
- Tawarkan garansi. Misalnya, 30 hari, 60 hari atau bahkan satu tahun. Dalam memberikan garansi, semakin panjang masa garansi yang diberikan, semakin baik efeknya dalam meningkatkan penjualan. Sebab pembeli merasa terjamin dengan pembelian yang mereka lakukan.
- Tawarkan hak jual ulang (resell). Sediakan hak jual dengan tawaran komisi tertentu begitu mereka bergabung. Komisi yang anda berikan bisa diterapkan untuk setiap penjualan.
- Tampilkan kesaksian (testimoni) tentang produk anda. Cara ini akan mendongkrak kredibilitas bisnis anda. Sehingga membuat calon pembeli anda percaya. Dalam menampilkan testimoni, cantumkan juga nama dan lokasi mereka tinggal.
- Berikan layanan maksimal. Produk apapun yang anda jual, aspek layanan jangan sampai diabaikan. Saat ini orang bukan hanya kepincut dengan produk saja, tapi pelayanan juga menjadi pertimbangan penting.
- Buka semua jalur komunikasi. Tidak lagi cukup hanya dengan email, maksimalkan pelayanan anda dengan membuka jalur komunikasi lainnya. Seperti lewat telepon dan chatting. Bisa juga dicoba dengan memanfaatkan social media seperti friendster, facebook, dan lainnya.
- Berikan report atau produk gratis. Untuk memancing minat calon pembeli, berikan report atau produk gratis. Produk gratis yang diberikan sebaiknya yang bisa mengantarkan pemahaman terhadap bisnis anda dan mendorong penjualan.
- Pertajam strategi marketing. Banyak macam strategi marketing yang bisa anda jalankan. Misalnya seperti bekerjasama dengan pebisnis internet lainnya atau melakukan joint venture. Baik dalam promosi, sistem bisnis, dan lainnya.
- Buat blog. Blog penting sebagai sebagai salah satu cara anda berkomunikasi secara intensif kepada para anggota maupun calon anggota. Dari blog pula anda bisa mengalirkan traffic ke situs web penjualan. Dengan begitu, pastinya blog anda bisa jadi ladang uang.
Inilah 10 Tips Menulis Review Produk agar Penjualan Laris Manis
Dalam tiga jurus ampuh menjadi super reseller, yang bisa anda baca di member area Formula Bisnis dan Rahasia Blogging, poin pertama adalah melakukan presell atau mereview produk tersebut. Melakukan pra penjualan dengan mereview produk bisa meningkatkan daya tarik calon pembeli produk anda.
Lalu bagaimana cara menulis review produk agar penjualan laris manis?
- Pilih judul yang menarik dan unik. Misalnya 20 alasan memilih FormulaBisnis. Pastikan nama produk yang anda pasarkan dicantumkan dalam judul.
- Jelaskan apa isi produk tersebut serta manfaatnya. Deskripsikan terlebih dahulu apa sebenarnya produk yang anda tawarkan. Bila ebook, jelaskan sebagai ebook (buku elektronik). Bila software, sebut sebagai software. Serta apa saja manfaat yang didapat pembelinya. Contoh seperti dilakukan Mas Endarta.
- Penilaian anda. Bagaimana penilaian anda terhadap produk tersebut? Seberapa besar rekomendasi anda?
- Tambahkan analisa anda. Seperti yang dilakukan rekan Edris Ernawan dalam reviewnya di sini.
- Cantumkan garansi. Bila produk tersebut memberikan garansi, jangan lupa anda sebutkan pula garansinya.
- Bonus. Bonus apa saja yang didapatkan bila membeli produk tersebut. Selain bonus yang didapat dari pemilik produk, sangat baik bila anda memberikan nilai tambah tersendiri. Tidak selalu harus ebook, nilai tambah yang bisa anda berikan juga berupa jasa, seperti dilakukan Mr-Mung.
- Kelebihan produk. Apa saja kelebihan produk tersebut? Sampaikan dengan jelas dari kaca mata personal anda.
- Kekurangan produk. Kekurangan produk bisa mungkin juga anda sampaikan. Namun, sebisa mungkin ubah kekurangan tersebut menjadi kekuatan. Sehingga memperkuat penawaran anda.
- Menunjukkan komisi yang didapat. Uang merupakan magnet yang kuat. Sebagai pilihan, bila anda telah mendapatkan komisi, anda bisa tunjukkan komisi yang anda terima tersebut.
- Menuliskan review lanjutan. Misal, cerita atau pengalaman yang berkaitan dengan produk tersebut. Contohnya seperti yang di sampaikan di blog dafidriau.
Inilah 10 Kunci Iklan Sukses yang Perlu Anda Perhatikan Serius (Bagian 1)
Sebuah iklan dikatakan berhasil jika mencapai tujuannya. Soal tujuan tidak selalu hanya untuk meningkatkan penjualan, bisa agar awareness pembeli meningkat, atau demi meningkatkan citra produk. Oleh karena itu, penting bagi sebuah iklan, untuk memiliki pesan yang fokus. Tanpa itu, yang bisa terjadi adalah tidak jelas atau kaburnya pesan yang hendak disampaikan.Kesepuluh kunci iklan terpenting di bawah ini perlu selalu anda perhatikan ketika membuat sebuah iklan online.
- Headline. Headline merupakan salah satu titik iklan terpenting. Headline yang kuat dan mampu menarik perhatian orang yang melihatnya sangat menentukan keberhasilan sebuah iklan. Bahkan sebuah riset menyebut peranan headline bisa mencapai 75 persen sebagai faktor sukses sebuah iklan.
Bagaimana headline yang baik? Headline bisa menekankan pada keunggulan produk atau bisa dengan memancing keingintahuan calon pembeli. Terkait soal headline, silakan baca posting 8 Headline Sales Letter Paling Menjual Sepanjang Masa. - Penawaran yang Dahsyat. Kunci berikut iklan efektif adalah adanya penawaran yang dahsyat. Misal, anda memberikan potongan harga 75% bagi 500 pembeli pertama. Dan, bukan cuma itu saja. Anda pun memberikan bonus-bonus menarik untuk mereka yang memesan produk pada 10 jam pertama sejak produk dilaunching.
Terkait dengan kunci ini silakan baca Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat. - Tekankan Keunggulan Anda. Kenapa pembeli harus membeli produk dari anda dan bukan dari produk kompetitor anda? Itu pertanyaan kuncinya. Oleh karena itu penting untuk menekankan keunggulan yang anda miliki. Sebagai contoh misal anda mampu melayani dengan lebih cepat serta jaringan yang terbesar.
- Buat Menyerupai Konten. Rata-rata orang lebih suka membaca konten daripada harus mengklik sebuah iklan. Untuk itu kita bisa mengatasinya dengan membuat review sebuah produk. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan Pak Arif Hartoyo. Selain review, kita bisa sesuaikan dengan membuat banner yang menyerupai tampilan konten.
- Sampaikan Keuntungan Konsumen. Ingat selalu untuk menyampaikan keuntungan yang diperoleh prospek jika membeli produk anda. Soal keuntungan, kuncinya sederhana. Orang selalu berusaha mendapatkan kesenangan dan menghindari kesakitan. Eksplorasi itu dalam iklan anda.
Bagaimana komentar anda untuk isi posting ini?
4 Kunci Meningkatkan Penjualan dan Pertumbuhan Bisnis Internet Anda.
Ingin meningkatkan omset penjualan anda? Berapa banyak yang anda inginkan? Dua kali lipat atau tiga kalinya? Ini sangat mungkin anda lakukan. Seperti yang juga pernah saya lakukan dengan melonjaknya penjualan sampai 500% yang saya sampaikan di Rahasia Blogging.
Meningkatkan omset penjualan sangat penting. Sebab dengan omset bertambah harapannya keuntungan juga meningkat. Keuntungan yang semakin besar itu akan membuat pertumbuhan bisnis internet anda semakin mantap.Apa saja kunci meningkatkan penjualan?
Berikut ini saya jelaskan empat kunci yang bisa langsung anda terapkan dalam bisnis anda.
Kunci 1: Meningkatkan kualitas prospek
Makin baik prospek yang anda datangkan, makin besar peluang mereka membeli produk anda. Sebaliknya, kalau prospek anda “kurang bagus”, artinya peluang mereka untuk membeli juga semakin kecil. Biaya promosi yang sudah anda keluarkan akan terbuang sia-sia.Seperti apa prospek yang bagus? Sederhananya yaitu mereka yang mau menjadi konsumen anda. Kalau lebih rincinya, jelas berkaitan dengan bidang bisnis anda. Karenanya anda perlu rumuskan siapa konsumen anda. Setelah anda tahu siapa konsumen anda, anda tinggal fokus mencari konsumen tersebut.
Kunci 2: Meningkatkan tingkat konversi
Sekalipun anda sudah menemukan prospek yang tepat, tapi kalau cara anda menawarkan keliru, prospek bisa kabur begitu saja.Bagaimana meningkatkan konversi? Coba lihat bagaimana cara anda menawarkan. Lihat bagaimana sales letter anda. Seperti apa headline sales letter anda. Bagaimana customer support anda. Dan banyak lagi unsur-unsur lainnya.
Intinya: bagaimana cara anda berbicara dengan prospek anda.
Kunci 3: Menurunkan tingkat peluang kegagalan penjualan
Apa maksudnya? Sekalipun anda sudah mendapatkan prospek bagus seperti yang anda rumuskan, namun mereka masih memiliki kekurangan, misalnya karena tidak memiliki daya beli.Bagaimana caranya? Anda pilah-pilah kembali prospek yang anda miliki. Anda coba jalin komunikasi di sana dan cari tahu apakah mereka memang berminat dengan produk anda. Contoh, kalau anda mau jual rumah di Bandung, anda cari prospek yang memang berminat untuk membeli rumah di daerah tersebut. Serta ketahui juga daya beli mereka.
Konsumen ideal itu punya dua kata kunci: mau dan mampu. Mereka mau memiliki produk anda dan mampu membelinya.
Kunci 4: Mempercepat waktu mendapatkan konsumen
Kalau anda bisa mendapatkan konsumen dalam waktu lebih cepat, artinya anda bisa mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Tantangannya adalah bagaimana membuat konsumen membeli lebih cepat. Bagaimana caranya? Simak di Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat.Empat kunci meningkatkan penjualan di atas, kalau anda praktekkan secara kontinu, akan berdampak serius terhadap pertumbuhan bisnis anda. Buktikan!
Salam ACTION!
Apa yang Paling Penting dari Marketing?
Kalau saya tanya pada anda “apa yang paling penting dari marketing?” kira-kira apa jawaban anda?
Sebagian dari anda mungkin akan menjawab produk. Produk yang mampu mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan konsumen adalah bagian paling penting dari marketing. Sebab dengan produk berkualitas, persoalan yang dihadapi konsumen diharapkan bisa teratasi dengan cepat.Jawaban ini tidak keliru. Namun yang penting diperhatikan juga adalah produk yang anda buat harus selalu mampu menjawab kebutuhan konsumen. Produk yang anda luncurkan sekarang mungkin bisa menyelesaikan persoalan hari ini. Tapi besok belum tentu. Oleh karenanya, anda harus terus membuat produk anda selalu “baru”.
Update produk merupakan salah satu caranya. Dengan memperbarui isi produk informasi dengan perkembangan terkini, diharapkan persoalan yang sedang berkembang bisa teratasi.
Namun selain produk, ada satu lagi bagian penting dari marketing. Apa itu?
Yaitu bagaimana cara menjual produk itu sendiri.
Di sinilah pentingnya menjalankan berbagai teknik marketing serta memantau efektivitasnya.
Dari berbagai teknik marketing yang anda lakukan, teknik apa yang berjalan optimal, teknik apa yang baru berefek setengah optimal, dan apa yang tidak menghasilkan dampak sama sekali.
Dengan begitu, proses marketing yang anda jalankan berada di bawah kontrol anda. Anda jadi tahu bagaimana meningkatkan penjualan produk-produk anda.
Namun begitu, dalam bisnis internet apapun yang anda lakukan, anda tidak boleh berpuas diri. Anda harus terus ACTION untuk mempelajari tren penjualan paling baru. Sehingga anda betul-betul paham apa yang teknik marketing yang efektif saat ini dan mengapa teknik tersebut efektif. Saat itulah anda pantas dijuluki pakar pemasaran.
Sebagai penutup, silakan jawab pertanyaan berikut ini untuk mengetahui tingkat ke-marketing-an anda:
- Apa keuntungan terbesar dari produk yang anda tawarkan?
- Apa kesalahan yang umum dilakukan pemasar?
- Bagaimana perubahan tingkah laku konsumen?
- Apa yang anda lakukan untuk menyesuaikan dnegan perubahan dari sisi konsumen itu?
Dengan memahami marketing secara baik, anda akan tahu bagaimana membuat bisnis internet anda lebih maju lagi.
Salam ACTION!